Trik Asyik "Menjinakkan" Bawang Merah

sumber: www.healthyfoodhouse.com


        Bawang merah merupakan salah satu bumbu masak. Tanpa bawang merah, makanan jadi kurang sedap. Sebelum mencampur bawang merah ke dalam bahan bumbu lain, bawang merah harus dikupas dan diiris. Namun, mengupas dan mengiris bawang merah sering menjadi masalah, sebab dapat membuat mata perih hingga berurai air mata.
Berikut ini adalah trik dan percobaan asyik untuk menjinakkan bawang merah. Persiapkan dua siung bawang merah. Potong satu siung bawang merah dalam air mengalir (air kran dan sebagainya) dan potong satu siung yang lain dengan cara biasa. Perhatikan yang terjadi!
Pasti kamu akan meneteskan air mata ketika memotong bawang merah dengan cara biasa, tetapi tidak ketika kamu memotong bawang merah di bawah air mengalir. Ingin tahu kenapa?
       Ketika kamu mengiris bawang merah, kamu merobek dinding sel. Itu berarti membebaskan suatu gas dari dalam bawang merah yang kemudian berubah menjadi asam belerang di udara. Asam belerang itu menyengat selaput mata sehingga mata mengeluarkan air mata. Namun, jika kamu memotong bawang di bawah aliran air, kamu mencairkan gas tersebut sebelum lepas di udara.
       Kamu juga bisa menggunakan es batu atau lemari es untuk menjinakkan bawang merah. Masukkanlah bawang merah ke dalam lemari es selama satu jam sebelum diiris. Suhu dingin memerlambat gerakan atom didalam gas bawang sehingga gas tidak naik ke udara dengan cepat dan matamu akan aman dari gas menyengat bawang merah.

Dikutip dari:
Buku berjudul "Kumpulan Fakta Sains Unik Dunia"
karya Aep Saefulloh
penerbit Nusa Creativa, cetakan pertama tahun 2014.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Asyik "Menjinakkan" Bawang Merah"

Post a Comment