Aromaterapi dan Beberapa Cara Pemanfaatannya


sumber: www.care2.com


Apakah aromaterapi itu?
       Aromaterapi merupakan sistem penyembuhan yang melibatkan pemakaian minyak asiri murni. Minyak asiri yang dikandungnya disuling dari berbagai bagian tanaman, bunga tumbuhan maupun pohon, masing-masing bagian mengandung sifat terapi yang berlainan. Seandainya anda ingin menguji aromaterapi secara sederhana, iris beberapa lembar daun mawar di antara kedua jemari anda; tarik-tariklah nafas dalam-dalam dan rangsangan yang dikeluarkan akan tercium juga.
       Ada ratusan minyak asiri asli dari berbagai negara seperti Cina, India, Australia, dan Amerika. Namun, untuk menamainya masih sedikit sekali. Kebanyakan dari minyak asiri mengandung banyak air, walaupun ada juga yang menyerupai kayu gaharu. Warnanya sendiri juga beragam, mulai dari tanpa warna sampai hijau uda (bergamot), merah marun (patchauli) dan biru tua (camomile). Keuntungan dari aromaterapi dapat dinikmati dalam berbagai cara. Ahli aromaterapi yang mumpuni sendiri secara umum memilih media pijat dan mencampur minyak asiri sebagai penyembuhan. Anda dapat memanfaatkan minyak asiri di rumah sebagai pengharum ruangan, parfum, untuk perawatan kulit atau rambut yang dituangkan ke dalam bak mandi yang terbukti menyehatkan, atau untuk merawat berbagai penyakit pada umumnya.

Bagaimana melakukan aromaterapi?
       Agar bisa mengambil manfaat dari segenap efek aromaterapi, coba ikuti metode-metode yang diuraikan di bawah ini dan tetaplah memakai dosis-dosis yang disarankan. Perusahaan-perusahaan yang terkenal menjual minyak asiri dengan menyertakan sumbat botol minyak tersebut dibiarkan dengan mudah menetes. Untuk mudahnya, di sini terdapat beberapa petunjuk yang bermanfaat dalam hal ukuran-ukuran cairan minyak asiri.

Khasiat dari beberapa macam dari minyak asiri diantaranya sebagai obat;

1. JERAWAT
       Kebersihan adalah yang terpenting ketika mengobati jerawat. Tambahkan 3 tetes lavender atau pohon teh ke ember yang berisi air hangat dan cucilah muka sedikitnya 2 kali sehari, dan pastikan minyaknya tidak mengenai mata. Jangan menggunakan kain flannel, karena akan menjadi tempat berkembangnya kuman. 
        Sebagai pilihan lain, gunakan air bunga-bunga untuk membersihkan dan melembutkan kulit. Untuk membuat peringkas pori yang efektif isilah botol steril dengan 75 ml air bunga jeruk manis dan 27 ml witch hazel,  kocok dengan baik dan sapukan dengan lembut di atas bagian yang terluka dengan kapas wol. Tambahkan 10 tetes lavender ke campuran itu bila diinginkan. Untuk bagian-bagian khusus yang parah, tambahkan setetes minyak pohon teh dengan menggunakan cotton bud.
2. SEMBELIT
       Pijatlah perut dengan gerakan putaran kecil; simultan searah jarum jam. Juga pijat di punggung bagian bawah sedikit keras dengan gerakan memutar searah jarum jam, menggunakan cairan berikut: campur 4 tetes lada hitam; 10 tetes marjoram manis; 10 tetes rosemary dalam 50 ml minyak almond manis. Pijat setiap hari untuk meringankan kondisi yang demikian.
3. BATUK
       Untuk membantu meringankan batuk yang disebabkan oleh virus, gunakan metode penghirupan uap. Tambahkan 3 tetes lavender ke dalam air lumayan mendidih; selubungkan handuk di atas kepala untuk membentuk ruang penguapan mini; tutup mata; hirup dalam-dalam. Hirup nafas di udara segar dalam interval tertentu, dan jangan biarkan uap itu menguap sia-sia. Teruskan pemakaian metode ini selama 5 menit.
        Untuk pilihan lain, gunakan obat kumur. Rebus air mendidih, diamkan sebentar hingga hangat, tuang ke dalam gelas dan tambahkan 2 tetes minyak pohon teh. Campur sampai rata dan berkumurlah.

4. NYERI HAID
       Untuk  mengatasi nyeri haid, pijatlah perut bagian bawah dan punggung dengan campuran: 1 tetes camomile dan 2 tetes bunga clary ke dalam 25 ml minyak almond manis. Pilihan lain, siapkan kompres panas dengan menambahkan 3 tetes bunga clary ke semangkuk air hangat dan istirahatlah. Mandilah dengan air hangat, dengan tetes bunga clary dan 3 tetes lavender dan basahi tubuh sedikitnya 15 menit. Jika nyeri disertai rasa mual, bisa mengikuti anjuran berikut ini: teteskan 1 tetes peppermint ke tisu dan hirup berkali-kali, atau setetes peppermint untuk pengharum ruangan.
5. KESELEO
       Untuk mengatasi nyeri dan radang, jangan gerakkan tulang sendi, tambahkan es dengan kompres dan mengatasi bagian tubuh yang luka. Tambahkan kompres dingin ke bagian yang keseleo sesegera mungkin. Tambahkan 3 tetes camomile dan 3 tetes lavender ke dalam semangkuk air dingin. Aduk rata, dan celupkan kain bersih di permukaan air lalu kompreskan di bagian sendi yang kena. Ulangi perawatan semacam ini, dan supaya kuat, ikat kompresnya dengan perban. Keseleo, tidak boleh dipijat, selalu hubungi dokter karena mungkin telah terjadi retak atau patah tulang.



Dikutip langsung dari buku “Penuntun Praktis untuk Pijat Minyak Asiri dan Aroma”
Penulis: Jan Balkam
Tahun terbit: 2001
Semarang, Dahara Priza

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aromaterapi dan Beberapa Cara Pemanfaatannya"

Post a Comment