Arti Lambang Pancasila





       Arti Pancasila dan lambangnya memang sangat vital bagi bangsa kita. Hukum dan budaya di seluruh Indonesia hendaknya harus mematuhi dan tidak melanggar serta bertentangan dengan Pancasila. Fungsi Pancasila memang telah menjadi pedoman bangsa Indonesia selama bangsa ini berdiri.

1. Sila ke-1 (Ketuhanan yang Maha Esa)
      Bintang pada lambang sila pertama artinya menerangi dan memberi cahaya bagi bangsa dan negara. Menerangi dan memberi cahaya seperti Tuhan yang maknanya dapat memberi jalan terang agar negara dapat menempuh jalan yang benar.


2. Sila ke-2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab)
      Rantai merupakan lambang dari sila kedua. Rantai ini memiliki makna yang sangat besar dan terdiri dari rantai bulat (melambangkan perempuan) dan rantai persegi (melambangkan laki-laki). Rantai yang saling berkait melambangkan bahwa setiap rakyat baik perempuan dan laki-laki harus bersatu padu agar bisa menjadi kuat membentuk rantai.


3. Sila ke-3 (Persatuan Indonesia)
      Pohon beringin merupakan pohon besar yang memiliki ranting luas dan dapat menjadi tempat berteduh seerta menyejukkan. Selain itu, pohon beringin juga memiliki akar yang sangat kuat dan menjalar di mana-mana, seperti keanekaragaman suku dan bangsa Indonesia yang harus tetap bersatu.


4. Sila ke-4 (Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan)
      Kepala banteng memiliki makna hewan yang suka berkumpul dan memiliki kepala yang tangguh. Banteng merupakan hewan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Artinya kita harus bermusyawarah dalam menyelesaikan suatu masalah dalam mengambil sebuah keputusan.


5. Sila ke-5 (Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia)
      Padi dan kapas ini melambangkan kebutuhan dasar manusia, padi yang menjadi dasar untuk makanan pokok dan kapas untuk kebutuhan dasar sandang. Jadi lambang ini bertujuan untuk memberikan kebutuhan dasar setiap bangsa Indonesia secara merata dan adil.



Dikutip dari buku dengan:
Judul ; Pedoman Resmi UUD 1945 dan Perubahannya
Penyusun ; Tim WahyuMedia
Penyuntung ;  Rissa Nillas


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arti Lambang Pancasila"

Post a Comment