Mengisi Kolom "Foreign tax identifying number" pada Formulir W-8BEN

        Formulir W-8BEN adalah formulir yang dibuat bagi individu atau badan usaha untuk warga negara non Amerika Serikat yang melakukan bisnis dengan entitas atau badan usaha asing yang berada di Amerika Serikat, dengan tujuan untuk memangkas pajak pendapatan yang diterima dari sumber-sumber di negara tersebut. Pada tulisan ini, saya tidak akan membahas secara lengkap mengenai cara mengisi formulir W-8BEN tersebut, namun hanya akan membahas salah satu bagian pada pada formulir tersebut. Pada formulir W-8BEN terdapat "Foreign tax identifying number", yang artinya kita diharuskan untuk mengisinya dengan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Berdasarkan pengamatan saya terhadap tutorial mengisi formulir W-8BEN, kolom tersebut tidak perlu diisi. Namun pada situs microstock seperti Depositphotos, kolom tersebut diharuskan untuk diisi. 
Permasalahannya, bagi kita yang ada di Indonesia, NPWP hanyalah dimiliki oleh orang yang memiliki kewajiban membayar pajak atau beberapa di antaranya adalah orang yang memiliki penghasilan lebih. Jadi, kita yang tidak termasuk golongan orang wajib pajak sehingga tidak memiliki NPWP dapatkah melengkapi formulir W-8BEN tersebut? 
        Pertanyaan yang seperti itu, sudah saya tanyakan pada fasilitas Contact Us yang ada di Depositphotos pukul 12.51 WIB (25 November 2017). Setelah cukup lama menunggu, pada pukul 05.51 WIB (27 Nobvember 2017) saya mendapat balasan dari pihaknya seperti di bawah ini.

        Setelah itu, saya coba mengisi kembali Formulir W-8BEN dengan mengisi kolom "Foreign tax identifying number" menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pukul 22.57 WIB (27 November 2017). Dan pada tanggal 28 November 2017 pukul 04.16 WIB saya mendapat pemberitahuan melalui email bahwa formulir 8-BEN saya telah disetujui.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengisi Kolom "Foreign tax identifying number" pada Formulir W-8BEN"

Post a Comment

close