Modifikasi Fletro AMP: Mengatasi Body Tag error "-->" AMP



Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah teknologi perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google. Google AMP merupakan project idealis dari Google dalam upaya meningkatkan kecepatan akses sebuah situs web. Teknologi ini diperuntukkan dalam meningkatkan kecepatan loading website saat diakses melalui perangkat smartphone. Google AMP diluncurkan pada Februari 2016 lalu.

Dalam riset yang dipublikasikan Tractus, 'conversion rate' pemuatan halaman pada website dapat turun mencapai 3,5%, saat website dalam kondisi delay. Kendati cuma proses waktu 1 detik, ini mampu meningkatkan bounce rate hingga 8.3%.

Teknisnya, Google AMP mengoptimalisasi kode HTML untuk disimpan dalam bentuk cache. Dimana kemudian, cache ini yang diakses mobile browser. Sehingga, perangkat pengguna tidak perlu mengunduh data berulang kali.

HTML AMP berfungsi untuk meminimalisir penggunaan tag JavaScript serta mendorong akses prioritas pengguna mobile. HTML AMP bekerja untuk mengecilkan ukuran HTML, menyesuaikan gambar, dan CSS, hingga inline CSS. Dan AMP JS berfungsi mempercepat akses dalam metode asynchronus pada perangkat smartphone. AMP CDN berfungsi menyimpan data dalam bentuk cache. (id.wikipedia.org)

Agar website dapat menggunakan fitur AMP tersebut, maka perlu mematuhi kriteria yang ditentukan. Pada wordpress, cara mudahnya adalah menginstal plugin. Namun, pada blogger caranya berbeda dengan wordpress. Pada blogger, diperlukan template yang dirancang sesuai kriteria AMP. Langkah-langkah membuat blogger valid AMP tersedia dalam website resminya, https://amp.dev/. Namun, bagi orang yang awam dalam bahasa HTML dan pendukungya dalam merancang template blogger hal itu tidaklah mudah. Jalan lainnya adalah membeli template yang valid AMP. 

Template valid AMP yang saya coba adalah Fletro AMP. Saya terapkan tema tersebut dan telah saya cek  bahwa postingan valid AMP. Selain itu, saya juga cek melalui google search engine dengan cara mencari artikela yang nantinya mengarah ke postingan saya. Terbukti, hasil pencarian yang mengarah ke salah satu postingan pada blog saya, terdapat tanda petir yang menandakan valid AMP. 

Beberapa waktu berlalu, tiba-tiba pada Agustus 2020, muncul pesan dari google webmaster kalau ada error di halaman AMP. Pada beberapa web yang saya cari tahu tentang solusinya, mengatakan masalah ini muncul pada 10 Agustus 2020. Namun, informasi yang saya dapatkan dari halaman google webmaster saya, error tersebut dilaporkan pada 1 Agustus 2020. 

Kang Adhi atau admin kompiajaib yang juga kreator beberapa template valid AMP membagikan cara mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi, setelah saya coba keseluruhan langkah-langkah yang diberikan, blog saya malah error dan tetap tidak valid AMP. Ini saya rasa karena beda tema yang digunakan. Beberapa waktu kemudian, akhirnya saya menemukan solusi di bagian terakhirnya dari langkah yang diberikan itu. Berikut cara mengatasi error tag body pada template blogger Fletro AMP versi 5.4.

1. Cari kode

&lt;!--<head/>--&gt;&lt;/head&gt;

  <body>

ganti dengan:

&lt;/head&gt;

&lt;body&gt;



2. Cari kode 
&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;
Ganti dengan
&lt;!--<head/>&lt;!--<body/>--&gt; &lt;/body&gt;

You may like these posts