Ingin baterai laptop tetap awet?? Simak tips berikut!

       Dengan adanya baterai, laptop dapat digunakan tanpa harus tersambung ke stop kontak. Namun, sering kita temui baterai laptop yang daya tampung listriknya menurun dari normalnya atau biasa dikenal dengan ngedrop. Hal tersebut sebenarnya disebabkan penggunaannya yang tidak sesuai aturan, misalkan saja sering menggunakan laptop sambil dicas; sering untuk ngegame yang berat-berat; dan masih banyak lagi. Tips yang akan Robot Bambu bagikan ini sudah dipraktikkan sejak beberapa tahun yang lalu. 

Pertama, lepas baterai.
         Cara ini ada yang mengatakan tidak aman untuk laptop, misalkan saja ketika terjadi mati lampu, maka laptop juga akan mati begitu saja sehingga berpotensi merusak harddisk. Namun, ini sudah sudah kami praktikkan sendiri di laptop Asus A43 sekitar 2 tahunan. Dulu malah listrik sering jeglek tapi aman-aman saja laptopnnya sampai laptop tersebut pindah tangan. Untung kan! laptop aman, baterai juga aman, jadi harga jualnya juga pasti aman... wkwkwk.
       Bagi yang baterai laptopnya removable memang mudah, karena hanya melepas baterai saat laptop akan digunakan berjam-jam atau untuk menjalankan aktivitas yang berat-berat seperti game dan rendering. Namun, kalau jenisnya non removable maka cukup sulit. Karena kita harus buka casing laptopnya kemudian lepas sambungan ke baterainya. Terasa ribet bukan? Namun sobat Robot Bambu tak usah panik, kita bisa tips yang kedua.

Kedua, menggunakan aplikasi.
        Beberapa vendor biasanya sudah menyediakan software yang dapat digunakan untuk merawat baterai. Itu bisa sobat lihat di official websitenya. Lenovo misalnya, saat ini ada aplikasi Lenovo Vantage. Di dalamnya ada fasilitas conservation mode. Dengan fasilitas ini, baterai hanya akan terisi sampai 60%. Dan setelah itu baterai tidak akan terisi kembali hingga dayanya di bawah 55%. Jadi seakan-akan kita telah mencabut soket atau sambungan baterai laptop kita saat dayanya 55%-60%. Sobat juga bisa cek dengan mengarahkan kursor ke icon baterai, maka akan tulisan not charging. Itu artinya baterai tidak terisi walaupun charger tetap tersambung ke laptop. Mode tersebut aktif saat laptop dimatikan (shut down) maupun dinyalakan.

Jika kalian membutuhkan software konservasi untuk laptop sesuai laptop yang kalian punya. Akan Robot Bambu sediakan linknya. Sekian tips dari kami. 

Lenovo

0 Comments

Posting Komentar