Tips Menghindari Rem Blong Motor Matic


Kekurangan motor matic adalah ketika melewati medan yang menurun. Seringkali motor atau bahkan mobil jenis ini mengalami rem blong saat melewati turunan. Dikarenakan motor matic hanya mengandalkan rem untuk untuk menghambat laju kendaraan, maka rem yang terus menerus dipakai itu akan panas. Sebab panas itulah, rem dengan jenis disk brake akan mengalami blong. 
Banyak cara yang dipakai pengendara motor matic saat melewati medan yang menurun, misalkan saja berhenti secara rutin ketika rem memanas, selang-seling menggunakan rem depan dan rem belakang, dan menyiram rem secara berkala. Demi keselamatan, segala langkah perlu dilakukan. Kali ini, robotbambu sedikit memberikan tips untuk menghindari rem blong motor matic dengan sedikit memodifikasi rem. 
Dari ketiga jenis rem, bisa dipastikan rem yang cepat panas adalah yang berbentuk kecil.

1. Potong amplas mengikuti bentuk kampas rem.
2. Rekatkan amplas ke bagian belakang kampas rem dengan lem alteco, korea, atau sejenisnya.
3. Pasang kembali kampas remnya.

Sebenarnya, rem standar pabrik sudah dilengkapi heat resistant. Namun, terkadang saat ganti rem tukang servis yang tidak mengetahui fungsinya tidak memasangnya kembali. Selain menghambat rambatan panas bagian itu juga mencegah masalah rem 'mendecit'. 
* Tips tersebut adalah untuk mengurangi perambatan panas dari kampas ke kaliper.  Sehingga diharapkan kaliper rem tidak mengalami lonjakan panas akibat rambatan panas dari kampas rem. Dengan ini dapat meminimalisir kerusakan fungsi kaliper, dan pengereman secara keseluruhan. 
* Kekurangan menggunakan amplas adalah bahannya yang kurang awet. 
Semoga membantu....

Baca juga

Posting Komentar