Font Mushaf Standar Indonesia

      Font ini diberi nama LPMQ Misbah karena diambil dari nama pembuatnya yaitu H. Isep Misbah, M.A. yang bekerja sama dengan LPMQ (Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran). Font LPMQ Misbah merupakan font standar dalam penulisan al-Qur'an yang ada di Indonesia. Font ini dirilis oleh LPMQ Kementerian Agama pada 28 Maret 2018 dan dapat diunduh di website resminya.
      Karakter tulisan mushaf di Indonesia berbeda dengan mushaf di negara timur tengah, seperti terlihat dalam font LPMQ Misbah ini. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan muslim Indonesia  membaca al-Quran. Itu bisa kalian cek perbedaannya dengan membandingkan antara al-Qur'an cetakan di Indonesia dengan Timur Tengah. Penulisan Mushaf Standar Indonesia menggunakan tanda baca maupun wakaf yang agak berbeda dengan mushaf yang ada di Timur Tengah. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat mushaf al-Qur'an standar Indonesia menyalahi aturan rasm utsmani yang merupakan kaidah penulisan al-Qur'an yang dicetus pada masa Khalifah Utsman bin Affan ra. Masalah tersebut merupakan perbedaan pendapat yang telah banyak dibicarakan oleh para ulama' mengenai hukum menerapkan rasm utsmani dalam kaidah menulis al-Qur'an.
      Saya sendiri telah memakai font ini untuk beberapa tulisan saya seperti di teks tahlil di bawah ini.
Terlihat rapi dan mungkin bagi orang Indonesia tidak asing dengan gaya penulisan seperti ini. Adapun kaidah penulisan dalam teks tersebut sebisa mungkin saya mengikuti kaidah dalam penulisan al-Qur'an standar Indonesia. Di antara kaidah penulisannya adalah
1. Hamzah pada awal kata ditulis dengan alif (ا) tanpa menambahkan hamzah (أ) sehingga dalam menulis kata Allah adalah اَللّه.
2. Pada bacaan idgham bi ghunnah ditulis dengan menambahkan tasydid seperi مُعَلَّمٌ مَّجْنُوْنٌ .
3. Tanda mad khusus untuk bacaan mas wajib muttashil.
Tentunya masih banyak lagi kaidah-kaidahnya, dan itu dapat menjadi suatu pembahasan khusus.
      Untuk kalian yang ingin menggunakan font ini bisa langsung download di link bawah ini atau langsung ke website resminya. Font ini juga dapat dipadukan dengan Add-ins al-Qur'an untuk microsoft office yang diberi nama Quran In Word. Add-ins tersebut dirilis setelah font LPMQ Misbah ini. Jika kalian ingin juga memasang Ads-ins Quran In Word bisa ke sini.

Font LPMQ Misbah link1 link2

Sumber:

Baca juga

Posting Komentar