Cara sukses Upgrade Asus Zenfone C

Jika sistem operasi Asus Zenfone C kalian masih versi lama, maka kalian mungkin perlu untuk upgrade. Sistem operasi versi terbarunya biasanya ada perbaikan yang dari versi sebelumnya. Misalkan saja pada versi V4.11.40.50 ada bug saat dicas ketika ponsel hidup. Jadi jika kalian pakai firmware versi itu, kalian perlu mematikan ponsel ketika ingin mengisi daya ponselnya. Masalah tersebut juga pernah saya alami. Karena firmware di versi itu biasa saya pakai bahkan banyak tersebar di internet untuk memperbaiki Asus Zenfone C yang bootloop atau masalah software lainnya.
Firmware versi lama Asus Zenfone C, misalkan di versi V4.11.40.50 biasa saya flash lewat PC menggunakan Asus Flashtool. Namun, pada versi terbarunya ternyata tidak mendukung flashing menggunakan PC. Jika kalian mencobanya flash menggunakan aplikasi Asus Flashtool maka akan ada notifikasi "unzip image failure...". Saya cek ternyata isi file firmware terbaru memang berbeda dengan versi yang lama. Di firmware verai terbaru komposisi file-nya serupa dengan Custom ROM ponsel android lainnya yang jelas-jelas hanya support flashimg lewat ponsel. Maka dari itu, saya akhirnya mencoba untuk flash langsung dari ponselnya.
Tutorialnya adalah sebagai berikut.
1. Download dulu firmwarenya
    Version WW_4.11.40.179
    lainnya
2. Letakkan firmware ke memori internal. Di luar folder ya, jangan di dalam.
3. Akan ada notifikasi system update di bilah notifikasi. Klik notifikasi system update tersebut. Tinggal tunggu saja prosesnya.
Pastikan Asus ZC nya tidak terkoneksi ke PC. Kalau masih belum muncul notifikasi system update, coba restart.
Proses ini akan menghapus seluruh data yang ada di memori internal. Jadi perlu backup file dahulu.

Anda mungkin menyukai postingan ini