Penting! Langkah dalam membeli Hardisk agar terhindar dari barang KW


    Data digital seperti foto, video, e-book, dan lainnya pada zaman sekarang ini telah banyak mengisi kehidupan kita. Pada zaman dulu, orang menyimpan foto kebanyakan berbentuk hasil cetakan atau yang masih klise yang disimpan di album. Yang seperti itu kalian pernah ngalamin nggak nih...? 
Sekarang ini, setiap HP atau smartphone telah dibekali kamera yang canggih dan terus meningkat kualitasnya. Para penggunanya juga banyak memakai kamera berjenis digital baik itu smartphone maupun DSLR dengan keluarannya berupa file digital yang disimpan dalam memori. Dengan begitu, hal tersebut berarti lebih mudah karena hanya membutuhkan memori. Dan lebih dari itu, dengan perkembangan inovasi dari memori, bisa kita dapatkan kapasitas memori yang besar namun harga tetap terjangkau dan keawetannya yang tinggi. Jadi kita dapat menyimpan banyak file foto foto ataupun video kita dengan kualitas tertinggi. 
    Dari masalah tersebut, yang kita butuhkan di sini hanyalah memori untuk menyimpan file-file. Di internet banyak sekali memori baik itu flashdisk, sdcar, Hardisk (HDD), SSD dan sebagainya. Namun, yang penting bagi kita sebelum membelinya di samping kualitasnya adalah keaslian dari barang tersebut. Kerana barang palsu atau KW pasti tidak terjamin kualitasnya. Bisa dibayangakan kalau tiba-tiba memori rusak, otomatis file yang telah tersimpan hilang begitu saja. Saya dan beberapa teman saya telah mengalami sendi hal seperti itu terutama flashdisk. Saya akui sendiri banyak tersebar sepert flashdisk, HDD, VGA Card, dan perangkat lainnya yang telah dipalsukan. Iming-iming para penjualnya kebanyakan tidak lain adalah harga yang ditawarkan lebih murah. Maka dari itu harus hati-hati sebelum membeli. 
    Nah... saya pernah dimintai saran oleh teman saya untuk memilihkan hardisk eksternal yang akan dipakai untuk sekolahan. Dia meminta yang harga 400 ribuan. Setelah itu, saya langsung cek di beberapa toko online. Memang ada hardisk eksternal dengan kapasitas 1 TB bahkan 2TB yang harganya sekitar 400ribuan. Namun, karena kurang yakin akan keasliannya, yang mencari barang yang serupa langsung di official store. Saya membandingkan HDD 1 TB merk Western Digital (WD) yang dijual toko biasa dengan langsung dari officialnya. Official store WD sendiri di Lazada ada. Setelah cek ternyata harganya berkisar Rp 800 ribu. Lalu, saya cek lagi beberapa feedback pembeli HDD yang harganya 400 ribuan. Ternyata banyak sekali yang menyadari barangnya palsu. Yang mencengangkan tidak hanya barang yang tidak bisa dipakai, yaitu setelah dibongkar ternyata bukan komponen hardisk melainkan chipset yang saya sendiri tidak tahu merk dan fungsi sesungguhnya. 
Jadi permasalahan tersebut, untuk membeli hardisk saya lebih menyarankan langsung di official store, misalkan Western Digital, Seagate, Toshiba, dan sebagainya. Tokonya bisa kita temukan di Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia, dan lain-lain. Kalau yang ingin lebih murah sedikit karena mungkin terkendala budget, bisa mencari second namun normal seperti yang biasa saya lakukan. Namun hal tersebut perlu pengetahuan dan ketelitian.
Sekian tips dari saya semoga bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini