Fungsi filter CPL untuk Videografi

Filter CPL (Circular Polarizer) bertujuan mengurangi pantulan dan meningkatkan saturasi warna. Filter ini paling  efektif jika cahaya menyinari subjek foto dari sisi kiri atau kanan. Dengan kata lain, arah cahaya tegak lurus 90 derajat dari posisi kamera. Filter ini dapat membuat langit menjadi lebih biru tanpa editing, dan menghilangkan pantulan pada air dan kaca sehingga kita dapat melihat dasar danau/laut atau pemandangan dibalik kaca dengan jernih. 

Saat dipasang, filter membatasi sebagian cahaya yang masuk ke lensa kamera. Karena itulah filter polarizer tidak cocok digunakan pada kondisi rendah cahaya. 

Sebenarnya banyak jenis filter untuk lensa, namun filter CPL ini yang sangat berguna sekali. Keuntungannya ganda, pertama mengurangi pantulan cahaya, kedua yaitu mengurangi cahaya yang masuk sehingga saya dapat mengunakan shutter speed yang lambat supaya aliran air mulus seperti kapas. Filter CPL ada sedikit sifat seperti filter ND, tapi filter ND tidak mungkin bisa menggantikan filter CPL.

Cara penggunaannya yaitu pasanglah filter di depan lensa dengan memutarnya seperti memutar sekrup, lalu putar filter polarizernya sampai pantulan di daun atau batu-batuannya hilang dan permukaan batu menjadi gelap.

1. Saturasi dan kontras warna
Pantulan cahaya pada obyek sering menganggu sehingga menimbulkan overexposure. Selain itu, kadang menimbulkan warna asli yang berubah karena silau dari cahaya. Di sinilah filter CPL diperlukan.


2. Mengatur refleksi
Filter ini banyak digunakan untuk memotret danau dengan air yang jernih dengan memperlihatkan bagian dasarnya. Foto yang seperti ini sulit karena biasanya permukaan air menampilkan bayangan langit atau pantulan cahaya. Kamu dapat menggunakan filter CPL untuk menghilangkan atau mengurangi bayangan langit. Pada bagian ini tidak bisa diakali dengan software editan manapun. Karena itulah para fotografer maupun videografer perlu mengenali filter ini. 
Kamu dapat menghilangkan hasil refleksi pada sebelah kanan dan kirimu dengan sudut 90 derajat dari arah matahari. Sedangkan untuk menghilangkan refleksi maksimal, kamu dapat melakukan pada sudut 45 derajat dari permukaan.
by cookelma

Dalam beberapa kesempatan, filter CPL juga dapat digunakan untuk video yang terkesan cinematic tanpa perlu color grading. Itu dapat dikreasikan sendiri.
 

You may like these posts