Mengubah ukuran dan posisi tombol Back to Top pada Blog

Tombol "Back to Top" pada blog berfungsi untuk scrolling halaman ke halaman paling atas. Fasilitas ini sangat diperlukan bagi blog dengan konten yang panjang atau komentar yang banyak. Jadi, apabila telah selesai membaca artikel atau komentar, kita dapat kembali ke kepala artikel menggunakan tombol "Back to Top" tersebut. Pentingnya tombol itu dalam blog melatarbelakangi kreator template untuk menyisipkannya dalam template yang mereka buat. Hal itu bisa kita lihat di beberapa blog atau web yang tersedia tombol wrapper di bagian kanan bawah. 

Ada banyak style wrapper yang kita temui. Namun, bagi saya hal perlu diperhatikan adalah tidak mengganggu pembaca blog. Jadi, gaya yang tranparan atau automatic hidden ketika diam tanpa scroll menjadi favorit saya. 

Pada saat ini, ketika postingan ini dibuat, saya menggunakan template Fletro AMP yang menurut saya gaya wrapper-nya agak besar dan kadang terganggu dengan iklan sticky adsense. Modifikasi yang perlukan adalah memperkecil ukuran dan menggeser posisinya lebih ke atas lagi. 
Tutorial
1. Mula-mula, kita masuk ke Template > edit HTML.
2. Setelah itu cari kode .sticky-button{

Pada template Evo Magz, cari kode di bawah ini:


3. Edit beberapa bagiannya. Misal: naikkan bottom jika ingin menaikkan posisi tombo Back to Top
Berikut beberapa perubahan yang saya lakukan.


4. Setelah itu klik save.
Berikut perubahan yang terjadi.

You may like these posts