Cara install Stock ROM Asus Zenfone Max Pro M2 lewat TWRP

Stock rom Asus Zenfone Max Pro M2

Stock rom atau firmware original Asus bisa kita dapatkan di website resminya. Di situ disediakan oleh pihak Asus lengkap dengan berbagai tipe dan versi. Cara instalnya juga mudah, saya rasa orang awam juga tidak terlalu kesulitan dalam hal ini.

Tapi, perlu diketahui bahwa proses update atau instalasi firmware baru tersebut akan berjalan normal jika handphone menggunakan recovery original. Jadi, jika sudah dipasang custom recovery maka proses update tidak akan berjalan.

Eksistensi custom ROM (cusrom; istilah untuk menyebut firmware hasil modifikasi) atau oprek sistem operasi Android sekarang ini saya rasa mengalami penurunan tingkat kepopuleran jika dibandingkan era Andromax C. Seiring dengan adanya peningkatan di berbagai lini sistem operasi Android, termasuk di dalamnya adalah sistem keamanan, aktivitas oprek menjadi lebih sulit dan penuh tantangan. Di samping itu, ponsel Android sekarang lebih baik dukungan software-nya. Tidak seperti ponsel Android dulu yang fasilitas update sistem seperti tidak berguna karena software terbarunya dipastikan tidak ada. Update-an software terbarunya tidak hanya meningkatkan fitur, namun juga tampilan. Sehingga user tidak merasa bosan.

Dalam aktivitas oprek Android, bug tidak dapat dihindari. Bug layaknya sebuah pernyataan bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Dalam beberapa custom ROM yang saya temui, bug kadang berupa force close, sensor tidak akurat, sinyal lemah, dan sebagainya. Hal tersebut juga menjadi alasan dasar menurunnya minat ngoprek android.

Asus Zenfone Max Pro M2 adalah salah satu dari sekian ponsel Android yang masih banyak di-custom ROM. Sebagai buktinya, kamu bisa cek di forum terbesar para opreker android seperti XDA, yang banyak menyediakan custom ROM untuk Asus Zenfone Max Pro M2 ini. 

Seperti yang saya nyatakan sebelumnya, bahwa terkadang custom ROM terdapat bug. Hal tersebut dan beberapa alasan lainnya mendasari penggunanya merasa perlu kembali ke ROM asalnya atau disebut stock ROM. Cara termudah untuk kembali ke ROM asal adalah instal ROM melalui custom recovery (misal: TWRP). Namun stock ROM yang disediakan di website resmi Asus tidak bisa di-instal melalui custom recovery. Dari kasus inilah saya mencoba sedikit membantu bagi pengguna Asus Zenfone Max Pro M2 yang telah terpasang TWRP agar dapat meng-instal stock ROM dari official website Asus.

Tutorial agar stock ROM Asus dapat diinstal lewat TWRP

  1. Pastikan kamu sudah memiliki stock ROM.
  2. Buka filenya menggunakan CX File Explorer lalu masuk ke folder META-INF > com > google > android

  3. Buka file updater-script menggunakan Text editor
     

  4. Hapus bagian is_substring sampai ui_print. 
     

  5. Klik Save. Lalu tunggu sampai CX File Explorer selesai menyimpan perubahan. 

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, stock ROM dapat langsung diinstal lewat TWRP seperti biasa.  Berikut ini stock ROM hasil editan yang saya pernah saya coba: UL-ASUS_X01BD-WW-16.2017.2010.101 
Saya belum mencoba apakah cara ini juga berhasil di ponsel Asus tipe lainnya. Untuk itu, bagi yang telah mencobanya bisa komen di bawah.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>