Update Blogger 2020 dan bug

Blogger atau biasa disebut blogspot, terus mengalami perkembangan. Mengenai perkembangan tersebut, saya yang juga berposisi sebagai pengguna, tidak terlalu banyak memperdulikannya. 

Blogger mengklaim bahwa pada pembaruan kali ini menjadikannya bernuansa lebih segar dan responsif di versi web, sehingga lebih mudah digunakan di perangkat seluler. Dengan platform web yang ditingkatkan tersebut, memungkinkan potensi fitur baru di kemudian hari.

Mengacu pada sebuah postingan dari official Blogger tertanggal 20 Mei 2020, sedikitnya di bawah ini poin pembaruan pada Blogger.

Statistik

Halaman Statistik yang telah didesain ulang, yang membantu Anda berfokus pada data terpenting dari blog Anda dengan menyorot postingan terbaru Anda.


Komentar

Halaman Komentar baru membantu Anda terhubung dengan pembaca lebih mudah dengan menampilkan area yang membutuhkan perhatian Anda, seperti moderasi komentar.

Entri 

Blogger telah meningkatkan dukungan untuk Operator Penelusuran di laman Entri untuk membantu pengguna memfilter entri Blogger dan hasil penelusuran laman dengan lebih mudah. Editor Halaman Editor yang baru disempurnakan memperkenalkan dukungan tabel, memungkinkan transliterasi yang 
lebih baik, dan menyertakan gambar yang ditingkatkan

Pengaturan

Blogger melakukan penyederhanaan halaman Pengaturan untuk membantu pengguna mengelola semua kontrol dari satu tempat. Mulai akhir Juni, pengguna Blogger akan melihat antarmuka baru menjadi default, meskipun dapat kembali ke antarmuka lama dengan mengklik "Kembalikan ke Blogger lama" di navigasi sebelah kiri. Pada akhir Juli, pengguna tidak lagi dapat kembali ke antarmuka Blogger lama. 

Seperti itulah pembaruan yang disebutkan oleh Blogger. Namun ada salah satu fitur yang sempat menarik perhatian saya ketika ingin membuat sebuah postingan, yaitu opsi menambahkan font. Biasanya, kita kalau ingin menambahkan, mengganti, atau menghapus font dilakukan dengan mengubah kode html di edit HTML. Sedangkan fontnya bisa diambil dari google font. Saat ingin menambahkan jenis font, yang perlu diperhatikan adalah kecepatan loading web kita. Karena semakin lambat website kita diakses maka akan semakin buruk juga di mata google. Efeknya, website kita akan terkalahkan oleh website lain yang lebih ringan yang mampu menduduki baris paling atas di hasil pencarian berdasarkan kriteria google.

Selain itu, keahlian dalam mengedit HTML juga patut diperhitungkan. Bagi yang masih awam, jelas akan kesulitan. Memang telah banyak di internet tentang cara mengganti, menambahkan ataupun menghapus jenis font.


Namun, ada beberapa masalah dari fitur tersebut.

  1. Font tidak valid AMP

Template yang saya pakai valid AMP menyayangkan fitur menambahkan font dari Blogger. Karena setelah saya menambahkan font, seluruh postingan atau blog saya menjadi tidak valid AMP.

  1. Font tidak bisa dihapus

Hal ini yang sangat saya sayangkan. Karena setelah blog dibuat tidak valid AMP, tidak ada solusi untuk memperbaikinya. Saya sudah mencoba berbagai cara termasuk mengganti template blog. Masalah ini juga sudah ada yang menanyakan di forum bantuan Blogger pada 10 Maret 2020 oleh Bassam Zolkhfan yang dapat Anda akses di link ini. Hingga akhir jawaban belum ada solusi dari masalah tersebut, dan ada satu jawaban yang menyatakan bahwa itu memang bug dari Blogger sendiri. Sayapun mencari-cari solusi ke sana kemari sampai saya dapat meyakinkan diri bahwa itu adalah bug. Terpaksa blog saya berstatus tidak valid AMP hingga ada perbaikan dari pihak pihak Blogger.


Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>