Alat perekam dari mixer ke HP atau laptop

Alat perekam suara dari mixer untuk kebutuhan dokumentasi, live streaming, telekonferensi, dan lain-lain.

Ketika mengabadikan momen dalam sebuah acara, pastinya kita ingin yang berkualitas. Hal tersebut sulit jika mengandalkan mikrofon dari kamera untuk menangkap suara di dalam acara tersebut. Terlebih lagi suara ramai para pengunjung yang sangat menggangu. Di sini, cara yang direkomendasikan adalah mengambil suara dari mixer audio. Namun kita perlu kabel tambahan untuk menghubungkan output (rekaman atau phone) ke mic kamera.

Alat yang saya rakit ini awalnya untuk keperluan live streaming di kampus. Karena saat live kita pastinya ingin kualitas baik di berbagai segi, salah satunya suara. Maka dari itu penting sekali alat ini untuk kebutuhan tersebut. 

Sebenarnya tanpa alat ini kita dapat mengguna kabel XLR atau RCA ke jak 3.5mm untuk merekam suara dari mixer ke HP atau laptop. Namun ada keunggulannya tersendiri, yaitu mampu mengatur volume suara yang masuk ke HP hingga mencegah HP dari lonjakan tegangan dari mixer. 

Fungsi alat ini adalah untuk mengontrol suara yang masuk ke HP atau laptop. Sehingga suara tidak terlalu keras ataupun sebaliknya. Fungsi ini yang membuata alat ini biasanya disebut potensio volume

Bahan yang diperlukan

  1. Kabel RCA ke jack 3.5 mm
  2. Kotak ampli mini dan sekrup
  3. Port XLR

Peralatan yang dibutuhkan

  1. Solder
  2. Timah
  3. Gunting
  4. Obeng
  5. Lem

Skema



Hasil

 

Cara Pemakaian


Ada beberapa modifikasi dari alat tersebut, sehingga fiturnya lebih banyak seperti mengatur bas, keseimbangan suara dan sebagainya. Namun alat ini terbilang cukup untuk kebutuhan dokumentasi dan live streaming. Saya juga sering memakainya. Untuk splitter audio juga bisa menggunakan souncard yang tersedia port audio dan speaker.
Jika suara terdengar noise, bisa tambahkan jalur ground dan sambungkan ke permukaan benda lainnya. 

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>