Cara Pasang Gacun di monitor Acer G195HQV

Cara memasang gacun di power supply (PSU) monitor acer G195HQV

Monitor Acer seri G195HQV adalah monitor dengan model internal power supply atau power supply yang terpasang di dalam rangkaian monitor. Monitor dengan jenis seperti ini memiliki kelebihan maupun kekurangan tersendiri dibandingkan dengan jenis adaptor atau external power supply

Saya menjumpai monitor Acer seri G195HQV pada saat saya memperbaiki komputer pada sebuah sekolah dasar yang merupakan hasil bantuan pemerintah. Beberapa monitor yang saya temui telah mengalami kerusakan, di antaranya panel pecah dan mati total. Dari 11 monitor yang saya tangani, ada 7 monitor yang mengalami kerusakan dan gejalanya adalah mati total yaitu tidak bisa menyala sekalipun dikoneksikan ke listrik. Ke tujuh monitor tersebut tidak saya temui mati total pada waktu yang sama, karena sebelumnya ada yang saya pakai lalu lama-kelamaan mati. Saat mati tersebut saya melihat ada asap yang keluar dari dalam monitor dan tercium bau khas terbakar. 

Satu per satu monitor tersebut saya bongkar dan lakukan pengecekan. Keseluruhannya tersebut terdeteksi titik kerusakannya pada bagian power supply (PSU). Dari ketujuh power supply tersebut saya ambil satu untuk diambil pengecekan lebih mendalam tentang kerusakan pada komponen. Awalnya saya mendeteksi bahwa kerusakan ada di trafo, namun teknisi yang membantu saya mendetekasi kerusakan pada IC P609. Akhirnya IC tersebut diganti dan PSU berjalan normal. Setelah itu saya pasang kembali. Namun, baru beberapa jam monitor bekas servisan berjalan, monitor tersebut mati kembali. Tak pikir panjang, saya menduga kerusakannya juga pada PSU.

Monitor yang saya tangani ini usianya sekitar 7 tahunan, jadi usia menjadi faktor terjadinya kerusakan. Jadi, tiap-tiap komponen perlu dicek satu persatu di antaranya kapasitor, resistor dan regulator. Pada PSU Acer G195HQV di sekitar IC P609 terdapat rangkaian kapasitor. Saya tes bagian kapasitor ini di beberapa PSU menggunakan multimeter, dan hasilnya ada indikasi bahwa terjadi short. Dugaan saya, mungkin saja kapasitor yang short tersebut yang mengakibatkan IC P609 di sampingnya menjadi short

Ketika saya menjelajahi keseluruhan kondisi PSU, saya juga menemukan salah satu PSU telah diberi gacun untuk menggantikan komponen regulator. Inilah yang akan saya bagikan cara pasang atau rangkain gacun di PSU Acer G195HQV. 

Gacun terkenal oleh para teknisi sebagai modul pengganti komponen LCD yang rusak dan tidak ada gantinya di pasaran. Untuk memasang gacun diperlukan keahlian dalam bidang merangkai komponen elektronika agar tidak salam dalam menempatkannya. Maka dari itu, bagi yang kesulitan bagaimana memasang gacun di PSU Acer G195HQV ini, dapat langsung lihat contoh rangkaian di bawah ini.

Gacun yang digunakan ini tipe MK-21C. 

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>