Kabel Serabut vs Kabel Tunggal - Mana yang cocok untuk kabel listrik?

Membedakan keunggulan kabel listrik tunggal dan serabut



Dalam sistem kelistrikan di rumah kita, terdapat dua kabel yang populer, yaitu kabel tunggal dan kabel serabut. Tahu cara memilih dari kedua jenis kabel tersebut cukup bermafaat bagi kita. Dampaknya ada pada efisiensi anggaran dan keamanan rumah kita dari kejadian seperti konsleting. Saking pentingnya perkabelan, sampai-sampai ada pendidikan khusus dalam bidang ini. Tidak bisa dianggap remeh kan? 

Beberapa keunggulan yang akan saya sampaikan di sini, selanjutnya dapat kalian buktikan sendiri. 

Kabel tunggal

  1. Lebih murah, ini disebabkan proses produksinya yang sederhana.
  2. Tidak mudah korosi. Keunggulan ini yang membuatnya cocok digunakan untuk outdoor.

Kabel serabut

  1. Transmisi listrik/data lebih baik. *Perlu dicek lagi ya, sebab saya tidak punya alat cek khusus. Ada yang secara singkat mengatakan kalau elektron mengalir jauh dari inti. 
  2. Fleksibel karena kabel jenis ini tidak gampang patah. Cocok digunakan pada peralatan yang memerlukan banyak gerak seperti pada mesin. Pada kalangan kita umumnya, digunakan pada terminal roll. 
  3. Untuk kabel jenis serabut saya lebih menyukainya untuk terminal roll atau sejenisnya yang penggunaannya berpindah-pindah.

Lalu timbul beberapa pertanyaan.
Untuk instalasi listrik rumah antara dua jenis kabel itu manakah yang cocok?
Dikarenakan sifat kabel tunggal yang tidak mudah korosi sehingga lebih awet. Maka kabel tunggal bisa menjadi pilihan. Apalagi kalau di rumah atau gudang, tantangannya bukan hanya korosi tapi juga binatang seperti tikus. Tikus akan lebih mudah memutus kabel yang serabut. 

Apa saja kerusakan pada kabel serabut?
Secara kasat mata, kerusakan pada kabel tunggal dapat terdeteksi seperti putus, menekuk. Akan tetapi, seperti yang saya temui pada terminal roll, kabel serabut bermasalah sehingga tidak dapat mengalirkan arus listrik. Padahal kalau dilihat secara kasat mata tidak ada kerusakan sama sekali, bahkan terbilang masih baru.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>