Teruji! Menambah memori internal android

Solusi untuk mengatasi memori HP penuh
Spesifikasi (biasa disingkat spek) tinggi pada ponsel sangat diperlukan untuk menjalankan berbagai aplikasi atau game agar tanpa kendal seperti lag dan force close. Spesifikasi standar bagi ponsel setiap generasinya berbeda-beda, dan terus meningkat. Saya teringat, dulu saat ponsel Android awal-awal "booming" dan ketika saya menggunakannya pada tahun 2014, saya memakai launcher Apus. Pihak Apus mempromosikan launchernya sebagai launcher paling ringan dan tercepat serta dengan embel-embel hanya 1MB. Saya cukup lama memakainya dan terbukti berjalan lancar di ponsel Polytron W1400 yang saya gunakan. Setelah berjalan beberapa lama,  saya ingin mencoba hal yang baru sehingga coba menggantinya dengan laucher lain karena beberapa alasan pula. 

Perkembangan teknologi kian pesat, lalu saya teringat pada launcher ringan 1 MB itu yang ada di playstore tersebut. Apakah masih 1 MB? Setelah saya cek, ternyata yang dulunya hanya 1 MB telah menjadi 17 MB tepatnya pada saat artikel ini dibuat. Tentunya pihak developer telah menambahkan banyak fitur dan dan mendesain tampilan sesuai zamannya. Setidaknya, seperti itulah salah satu sisi dari perkembangan teknologi. 

Ada hanyak sekali aplikasi yang sering dipakai di sekitar kita, telah membesar ukurannya, dari browser, game, media sosial, olshop dan lainnya. Pastilah HP yang berkapasitas memori internal 8 GB, 16 GB, dan 32 GB, lambat laun tidak cukup untuk menampung aplikasi dan data tersebut. Terlebih lagi, dengan adanya peningkatan sistem keamanan android, setiap aplikasi dan game tidak bisa diinstal di sdcard. Tentu hal tersebut kurang menguntungkan bagi ponsel android dengan kapasitas memori internal yang kecil. 

Akan tetapi, soal memori internal ini bisa diatasi. Itu adalah salah satu sisi kelebihan sistem operasi Android yang Open Source. Yang saya tahu, sejau ini ada dua langkah yang dapat ditempuh untuk menambah memori internal, yaitu secara hardware dan secara software.

Upgrade Secara Hardware

Secara hardware, langkahnya adalah mengganti bagian memori internal. Jasa seperti ini sempat ada di perkotaan, seperti yang pernah saya dengar di Kota Semarang. Namun, biayanya tidak murah. Ditambah lagi resiko bagi penggunanya. Karena HP sudah memiliki riwayat bongkar mesin, menjadikannya bisa turun harga jual dan tidak sebanding dengan biaya upgradenya. Itu soal harga, ada banyak resiko lainnya lagi. Saya tidak terlalu paham soal upgrade memori bagian hardware ini, dan belum sempat mempelajarinya karena keterbatasan alat dan resiko yang tinggi. Intinya adalah bagian memori internal diganti dengan yang lebih besar kapasitasnya.

Upgrade Secara Software (Partisi Memori)

Upgrade memori internal secara software, terbilang lebih murah dan tidak terlalu beresiko. Langkah yang dilakukan adalah dengan partisi sdcard. Kurang lebih prinsipnya seperti ini. Misal memori internal HP kita 8 GB, dan terpasang sd card 16 GB. Maka dengan partisi, 8 GB dan 16 GB dapat digabungkan menjadi memori internal. Kalau di PC, istilah partisi ini dilakukan seperti menambah kapasitas Local Disk C dengan mengurangi kapastitas Local Disk D. Langkah partisi ini cocok bagi para opreker. Saya juga telah melakukan langkah ini. 

Ada pelanggan datang ke saya membawa redmi 5a dengan keluhan ponselnya tidak bisa diintal aplikasi lagi. Setelah saya cek, memori internal hampir penuh. Itual yang menjadi masalahnya. Lalu saya mencoba custom ROM Redmi 5A tersebut ke custom ROM yang basisnya AOSP yaitu Pixel Experience. Setelah custom ROM terpasang dan berhasil booting, ada opsi untuk menjadikan sdcard menjadi memori internal. Saya pilih opsi itu. Berhubung sdcard yang terpasang adalah 16 GB dan memori internalnya 16 GB, maka setelah proses itu memori internal menjadi 32 GB. Bagaimana, lumayan kan?

Berikut ini foto HP Redmi Note 10 saya yang telah upgrade memori internal. Asalnya 64 GB lalu saya tambah dengan 32 GB sehingga menjadi 96 GB.

Sebenarnya langkah partisi tersebut tidak perlu sampai custom ROM. Yang lebih mudah adalah instal TWRP, lalu pada menu di TWRP pilih opsi partisi sdcard. Jadi, untuk upgrade memori internal Android yang mudah dan aman versi Robot Bambu, ada dua, yaitu
  1. custom ROM (yang basis AOSP)
  2. melalui custom Recovery (menggunakan TWRP)
Selain kedua itu, ada cara lain. Namun langkah-langkahnya agak menyulitkan kita. Bila kamu minat ingin ugrade memori internal bisa dicoba.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>