Tips Mengganti Keyboard Laptop yang Rapi dan Tahan Jeblos

Tips mengganti keyboard laptop yang rapi dan tahan jeblos.
Keyboard laptop adalah komponen penting pada laptop yang posisinya ada di bagian luar dan mudah terlihat. Tidak seperti komponen pada motherboard yang posisinya ada di dalam laptop. Walaupun posisinya yang mudah terlihat, akan tetapi secara umum kerusakan pada keyboard tidak dapat terlihat oleh mata dan harus menggunakan sebuah aplikasi untuk mengeceknya. Kalian bisa menggunakan aplikasi yang saya bagikan di artikel ini.

Instalasi keyboard pada setiap laptop berbeda-beda, di sini saya membaginya menjadi dua yaitu pertama, dilem; dan yang kedua, dibaut. Keyboard pada model laptop lama banyak yang dibaut, dan rata-rata instalasinya tidak terlalu sulit, sebab terkadang tidak perlu membongkar casing-nya. Akan tetapi, pada laptop seri terbaru kebanyakan keyboard menempel pada casing bagian atas, dan tanpa baut. Jadi, ketika mengganti keyboard-nya perlu dilem. Proses pengeleman ini yang menjadi perbincangan pada artikel kali ini. Karena dengan proses pengeleman yang baik maka keyboard terasa seperti aslinya dan tidak mudah jeblos.

Berdasarakan cerita dari teknisi, tidak jarang terjadi kasus keyboard jeblos setelah dilakukan penggantian. Kasus tersebut bisa juga menjadi pertimbangan teknisi atau user untuk memilih mengganti keyboard atau sekalian keyboard dan casing atas. 

Tidak sedikit para teknisi menggunakan lem tembak/glue gun untuk mengelem keyboard. Saya juga pada awalnya menggunakan lem itu. Akan tetapi setelah saya mengenal lem touchscreen (lem yang biasa digunakan teknisi ponsel untuk mengelem touchscreen ke frame), saya memilih lem ini untuk instalasi keyboard.

Kelebihan lem touchscreen ini dibandingkan glue gun adalah
  1. Daya rekat lebih tinggi.
  2. Volume penegeleman optimal; biasanya lem tembak membentuk benjolan yang cukup besar.
Adapun kekeurangannya pengguanaan lem touchscreen adalah
  1. Proses pengeringan relatif lebih lama; sebab ada juga jenis lem touchscreen yang cepat kering. Jenis-jenis lem touchscreen: B7000, T7000, dsb.
  2. Harga lebih mahal
Secara singkatnya, berikut ini langkah yang saya sering pakai ketika menggunakan lem touchscreen.
  1. Memulai mengelema bagian yang rapat sambil press bagiannya menggunakan penjepti atau menindihnya dengan benda berat. Setelah itu diamkan beberapa jam, hingga lem kering.
  2. Dilanjutkan mengelem bagian yang belum dilem pada tahap sebelumnya, dan sambil dipress seperti sebelumnya. Diamkan lagi hingga lem kering.
  3. Lanjtukan mengelem kembali dan press kembali, jika ada bagian yang belum dilem, lalu diamkan kembali. 
Seperti itulah langkah yang sering saya terapkan. Biasanya saya mengerjakan malam hari, karena proses pengeringan lem bisa ditinggal tidur. Total waktu pengerjaan kira-kira 6 jam. 

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>