Menghilangkan Quick Access di File Explorer Windows 8, 10, 11

Cara menghilangkan Quick access di File Explorer Windows 8, 10, 11 dan cara mengembalikannya.
Tidak jauh dari namanya, Quick Access atau yang diartikan dengan akses cepat dimaksudkan untuk mengakses sesuatu secara cepat dengan cara menempatkannya pada tampilan muka File Explorer. Dengan adanya Quick Access, kita bisa menempatkan folder yang kita inginkan ke halaman muka File Eplorer sehingga kita tidak perlu repot-repot masuk untuk mencari-cari folder yang biasanya sering kita gunakan. Jadi misalkan ada folder bernama Hasil Edit  yang lokasinya berada di Local Disk D:\Stock Photo\Hasil Edit, maka dengan adanya fasilitas Quick Access ini kita dapat menempatkan folder Hasil Edit di halaman muka File Explorer.

Adanya fasilitas Quick Access ini tentunya ada kelebihan dan kerungannya tersendiri. Dengan adanya Quick Access tentunya kita dipermudah mengakses folder tanpa perlu repot-repot mencarinya, terlebih lagi jika letaknya ada di sub-sub folder dan statusnya sering sekali dicari atau digunakan. Akan tetapi, nantinya halaman muka File Explorer akan terisi oleh folder-folder yang sudah di-pin ke dalam Quick access tersebut. Mungkin, sebagian orang merasa terganggu dengan banyaknya menu-menu tersebut, termasuk saya ini. Sebab bagi saya, saya lebih menyukai tampilan menu yang sederhana pada File Explorer. Sehingga saya berusaha mencari-cari cara untuk menghilangkannya. 

Cara untuk menghilangkannya adalah dengan mengedit bagian Registry pada Windows. Kelihatannya sulit setelah mendengar kata tersebut. Namun, ada kok cara yang lebih mudah dilakukan dengan hanya klik sebuah file program. 

Cara Menghilangkan Quick access di File Explorer

  1. Terlebih dahulu, kalian download file ini.
  2. Setelah itu, ekstrak lalu klik dua kali pada file Remove_Quick_access_from_navigation_pane.
  3. Akan ada notifikasi, pilih saja Yes.
  4. Pilih OK.

Coba tutup File Explorer, lalu buka kembali. Maka ita tidak akan menemui lagi Fasilitas Quick access di halaman muka File Explorer. Seperti itulah langkah yang sangat mudah untuk menghilangkan fasilitas Quick access di File Explorer. Adapun untuk mengembalikannya, berikut caranya.

Mengembalikan Quick acceess pada File Explorer yang hilang

  1. Tekan tombol windows + R, lulu ketikkan regedit.
  2. Klik pada HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer, lalu hapus HubMode. Silakan tutup lalu buka kembali File Explorer-nya.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>