UBL Mediatek sekali klik dengan Hydra Tool

Cara UBL sekali klik tanpa menunggu lama menggunakan Hydra Tool
Pada umumnya, seperti yang kita tahu bahwa proses UBL (Unlock Bootloader) membutuhkan proses yang lama. Hal itu memang sudah ketentuan dari vendor ponsel sendiri. Seperti yang terjadi pada saya saat melakukan proses UBL pada Redmi Note 10, proses UBL membutuhkan waktu 168 jam (7 hari). Pada beberapa keadaan tertentu atau pada vendor lain, proses UBL akan berbeda waktunya. Seperti pada Sony, proses UBL tidak lebih dari 2 menit.

UBL adalah sesuatu yang sangat penting bagi seorang opreker Android. Karena bagi saya, dengan UBL maka seseorang akan merasakan sensasi Android yang ssudngguhnya yaitu Open Source, yang dapat dimodifikasi softwarenya. Awalnya, UBL tidak ada pada ponsel Android versi lama namun seiring berjalannya waktu, proses UBL wajib bagi sebagian vendor. Dan tidak menutup kemungkinan akan banyak vendor mewajibkan UBL untuk ponsel keluaran mereka. Tidak lain hal itu dilakukan sebagai bentuk peningkatan sistem keamanan.

Setelah proses UBL dilakukan maka barulah dapat dilakukan proses oprek seperti rooting, instal custom recovery, dan custom ROM. Dengan begitu, UBL ibarat kunci awal proses modifikasi sistem Android.

Proses UBL yang telah saya sebutkan sebelumnya, yang terbilang lama, adalah proses UBL resmi. Di samping yang resmi, ada proses UBL yang tidak resmi yang bisa dilakukan hanya sekejap. Hal itu sangat dibutuhkan oleh para teknisi yang menemui kasus terkait software yang mengharuskannya melakukan flash ulang atau semacamnya. Karena kalau tidak dilakukan UBL proses tersebut tidak akan berjalan. Proses UBL yang tidak resmi, saat ini bisa dilakukan pada ponsel dengan chipset Mediatek. Ada tool gratisan yang bisa ditemui di internet utnuk melakukannya. Akan tetapi, di sini saya akan melakukannya dengan Hydra Tool yang mana hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah memiliki dongle-nya. 

Berikut ini adalah proses UBL pada chipset Mediatek menggunakan Hydra Tool

  1. Pilih brand ponsel yang akan dieksekusi.
  2. Pilih model ponsel.
  3. Pilih operasi yang akan dilakukan, pilihlah Bootloader.
  4. Pilih bootloader unlock (untuk UBL) or relock option (untuk Relock Bootloader)
  5. Klik Execute dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>