Cara Koneksikan Stik PS3/PS4 ke PC/Laptop secara Wireless

Cara menyambungkan stik PS 3/4 ke PC secara wireless tanpa dongle bluetooth
Joystick atau biasa kita sebut "stik" PS3 dan generasi selanjutnya adalah stik yang memiliki fitur wireless connection. Itu artinya stik tersebut dapat terkoneksi ke game console tanpa melalui kabel. Koneksi tersebut menggunakan koneksi bluetooth.

Yang jadi pertanyaan adalah, game sekarang kan banyak yang bisa dimainkan di PC/laptop dan PC/laptop juga sudah dibekali bluetooth, apakah stik tersebut bisa dikoneksikan secara wireless juga?
Secara singkat, saya jawab, YA.

Namun, hingga artikel ini dibuat, banyak sekali video yang tersebar di Youtube bahwa jika ingin mengkoneksikan stik tersebut secara wireless harus menggunakan dongle bluetooth dengan spesifikasi tertentu misalnya bluetooth versi 4 ke atas, sudah CSR, dan sebagainya. Lantas, pertama kali yang muncul di benak saya adalah, kan pada PC/Laptop sudah tertanam bluetooth yang tidak kalah canggih juga, masa masih perlu dongle bluetooth. Buang-buang duit saja. Jadi, saya meyakini bahwa laptop ataupun PC yang sudah tertanam bluetooh pasti bisa terkoneksi dengan stik PS tersebut secara wireless.

Setelah meyakini akan itu, saya akhirnya membeli stik PS3 original pabrik (OP) untuk membuktikan keyakinan saya itu. 

Ada beberapa pilihan software yang diperlukan untuk membantu mengkoneksikannya, akan tetapi saya memilih menggunakan SCP Toolkit. Setelah dicoba-coba dan terbantu juga dengan tutorial yang ada di internet, akhirnya stik tersebut bisa terkoneksi tanpa dongle bluetooth.

Tidak berhenti di situ, saya juga membeli kembali stik PS3 untuk mencoba apakah dalam satu PC/laptop dapat terkoneksi dengan 4 stik sekaligus dan tentunya tanpa dongle bluetooth. Setelah dilakukan percobaan, saya hanya menemui masalah yang biasa disebut Fake DualShock3. Masalah itu, mungkin disebabkan stik yang saya gunakan adalah KW (original pabrik). Namun, setelah masalah itu teratasi, semua stik bisa terkoneksi secara lancar dan bisa untuk memainkan game secara bersamaan. Solusinya ada di postingan yang lain. 

Tutorial untuk mengkoneksikannya adalah sebagai berikut.

  1. Patikan di PC atau laptop kamu sudah terinstal SCP Toolkit dan kamu perlu tahu WiFi Card apa yang terpasang di PC atau laptop kamu.
  2. Sambungkan stiknya ke PC dengan kabel USB.
  3. Buka aplikasi SCP Toolkit.
  4. Centang pada
  • Install Bluetooth Driver; pilih bluetooth yang digunakan di PC/laptop kamu
  • Install DualShock 3 driver (untuk stik PS3); pilih PS3 GamePad. *Untuk stik PS4 disesuaikan.
  1. Klik Instal, tunggu hingga proses selesai yang ditandai notifikasi dan suara notifikasi.
  2. Cabut stik PSnya, maka secara otomatis stika akan terkoneksi secara wireless.
Setelah proses ini, fasilitas bluetooth yang ada di PC/laptop tidak bisa digunakan sebagai mana mestinya, seperti transfer file, audio, telpon, dan sebagainya. Icon bluetooth di Quick Settings juga menghilang. Jadi, jika ingin kembali lagi seperti seperti semula, tinggal uninstall driver bluetooth lewat SCP Toolkit.

Lalu, kalau ingin menyambungkan stik ke PC/laptop tinggal instal kembali driver bletooth-nya. Tidak perlu instal driver DualShock lagi.

Jika kesulitan dengan tutorial di atas, bisa merujuk ke tutorial video di bawah ini.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>