Codec HEVC gratis untuk aplikasi Movie & TV pada Windows

Codec H.265 HEVC untuk aplikasi Movie & TV pada Windows
Dari kita mungkin kenal dengan Windows Media Player yang sudah populer sebagai multimedia player dari windows. Pada Windows tebaru ada aplikasi bawaan yang digunakan untuk memainkan video dengan tampilan dan fitur yang cukup menarik. Tampilannya yang simpel, dan fitur picture-in-picture seperti pada aplikasi Youtube di Android sangat istimewa bagi saya. Karena sejauh pengetahuan saya saat ini, tidak ada aplikasi media player untuk Windows yang memiliki fitur picture-in-picture tersebut.

Dengan adanya aplikasi Movie & TV, saya sempat merasa cukup. Itu artinya saya tidak perlu menginstal apliakasi media player lagi yaitu VLC, seperti biasanya yang saya instal. Akan tetapi anggapan itu tidak bertahan lama, karena setelah saya memainkan video ber-codec H.265 (HEVC) ada notifikasi seperti di bawah ini.

Bisa dikatakan bahwa maksud dari notifikasi itu adalah bahwa media player membutuhkan codec HEVC yang bisa didapatkan di Microsoft Store, dan harga codec tersebut Rp13.000,00. Jadi aplikasi Movie & TV tersebut tidak bisa memainkan video dengan codec HEVC. Padahal akhr-ahir ini saya sering menerapkan codec itu untuk video yang saya buat agar kapasitas file-nya tidak terlalu besar. Mmmm... saya cukup kecewa dengan itu. Kekurangan itu membuat saya kembali lagi berpikir bahwa saya perlu menginstal VLC media player, media player andalan saya. 

Beberapa waktu belakangan, saya mengulik codec gratis yang ada di internet untuk masalah di atas. Akhirnya, saya telah berhasil menemukan cara mendapatkannya tanpa perlu membelinya. 
Codec HEVC tersebut bisa kita download di sini. Silakan pilih sesuai spesifikasi laptop atau PC (x86 atau x64) dan versi terbarunya. Setelah terdownload, tinggal instal saja.
Sekian, semoga bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>