Menyalakan Laptop yang Rusak Tombol Power pada Keyboard

Menyalakan laptop yang rusak tombol power pada keyboard
Saya pernah membahas ini sebelumnya di postingan lain, bahwa kasus laptop tidak mau menyala dan mati tiba-tiba sering juga bermasalah pada keyboard. Beberapa tipe laptop menyematkan tombol power pada keyboard, sehingga apabila terjadi kerusakan pada keyboard terutama pada tombol power maka akan menimbulkan masalah di atas. Maka dari itu, solusi untuk meyakinkan apakah laptop tersebut terdapat kerusakan pada keyboard adalah dengan melepasnya. 

Jika setelah keyboard dilepas lalu laptop bisa menyala normal, maka dipastikan keyboard lah yang bermasalah. Namun cara seperti akan terlihat sulit jika tombol power laptop berada pada keyboard. 

Kasus seperti ini juga terjadi pada saya. Ada laptop yang sudah lama tidak dipakai, ketika ingin dinyalakan, laptop hanya nyala indikator setelah itu langsung mati. Sempat ada spekulasi kalau ada masalah pada motherboard. Namun, saya coba dengan mencabut soket keyboard lalu melakukan jumper di bagian konektor keyboard, ternyata laptop bisa menyala normal. Setelah itu, saya bisa meyakini bahwa keyboard yang rusak menjadi sumber masalahnya. 

Umumnya jalur power pada konektor terdapat pada bagian pinggir rangkain. Sambungkan beberapa detik saja untuk menyalakan laptop, menggunakan ujung obeng atau logam konduktor lainnya. 

Langkah yang saya lakukan adalah
  1. Melepas soket baterai
  2. Melepas soket keyboard
  3. Pasang baterai ke konektor, lalu charger laptop bila perlu.
  4. Jumper bagian power pada konektor keyboard seperti foto di atas.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>