Tips Ganti Baterai Stik PS3 dan Stik PS4 Agar Lebih Awet

Baterai Stik PS3 dan PS4 jadi lebih panjang masa pakainya, dengan modal yang lebih murah.
Stik PS 3 dan generasi terbarunya adalah stik yang dapat tersambung secara nirkabel (wireless). Dengan begitu, stik ini perlu adanya sumber energi yang tersimpan di dalamnya. Maka dari itu tertanam baterai sebagai sumber tenaga pada stik ini. 

Fungsi baterai adalah menyimpan energi listrik, jadi ketika energi itu habis maka perlu diisi ulang. Setiap baterai memiliki ambang batas tertentu dalam menyimpan energi itu. Secara umum, baterai yang berukuran besar dapat menyimpan energi lebih banyak dibanding baterai yang ukurannya lebih kecil.

Satuan kapasitas pada baterai biasanya adalah mAh. Baterai bawaan pada stik PS3 atau PS4 terpasang baterai berkapasitas 570 mAh. Ada yang mengatakan bahwa baterai dengan kapasitas itu, stik bisa digunakan selama 2 jam.

Telisik sana-sini, ternyata dimensi baterai stik PS3 dan PS4 sama seperti baterai nokia jadul yaitu BL 5C. Pada baterai BL 5C, kapasitas yang ditawarkan cukup menggiurkan yaitu 1020 mAh. Banyak beredar di toko online baterai BL 5C tersebut dengan harga bervariatif. Dan yang lebih penting lagi adalah di bawah baterai stik PS3 atau stik PS4.

Saya akhirnya mencoba membeli bateri BL 5C tersebut dengan harga Rp6.000,- di toko online. Setelah itu saya pasangkan di stik PS 3 saya menggantikan baterai yang sudah ngedrop. Cara pasangnya cukup mudah, setidaknya bermodal solder dan timah. 

Dari pengalaman yang telah melakukan hal ini, yaitu mengganti baterai stik PS3 dengan baterai BL 5C, masa pakai stik bertambah menjadi 8 jam dari sebelumnya hanya 2 jam saja. Jadi, tips ini perlu dicoba apalagi yang ingin masa pakai stiknya menjadi lebih lama dan biayanya lebih murah.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>