Cara Flashing Headunit yang bootloop. *Tested di YT9218

Head Unit yang saya tangani adalah YT9218 dengan memori 16 GB dan android 6 terlihat dari foto yang dikirimkan oleh pemiliknya. Foto tersebut agak kurang jelas sehingga sempat menyulitkan saya yang belum pernah memflashing head unit untuk menyesuaikan firmwarenya. Khawatirnya jika saya salah firmware sehingga menyebabkan 'brik' (mati total). 

Kasus yang terjadi pada head unit yang saya tangani ini adalah bootloop dikarenakan salah pasang bootanimation. Pemiliknya sempat menyatakan kalau dirinya suka gonta-ganti bootanimation. Dari hal itu saya bisa memastikan kalau head unit tersebut memang bermasalah pada software, sehingga perlu diflash ulang. 

Head unit ini termasuk versi lama karena terlihat dari spesifikasinya yang masih minim. Pemiliknya juga mengatakan kalau biasanya hanya sekedar dipakai untuk buka gps, musi player, dan kamera. Tidak bisa dipakai untuk menjalankan aplikasi yang berat-berat. Di samping kekurangan itu, kelebihan dari head unit ini adalah ketersediaan firmware-nya yang sudah banyak beredar di internet, gratis juga. Dengan begitu, saya bisa langsung mengeksekusinya.

Head unit ini berchipset Mediatek, sama seperti smartphone se-zamannya. Sehingga perlu flashtool untuk flashing ulang. Jadi siapkan dulu di bawah ini
Firmware YT9217, bisa juga digunakan di YT9218 seperti yang saya lakukan ini.

Untuk flashing ulang, soket yang diperlukan untuk dikoneksikan ke PC adalah yang ber-pin 4 ya, bukan yang 6. Karena pin 6 untuk USB drive. Karena saya tidak punya, dan pemiliknya juga tidak membawanya maka saya perlu menjumpernya.

Saya juga perlu men-jumper bagian power agar head unit tersebut bisa nyala, karena saat proses flashing dilepas dari mobil. Setidaknya butuh power 12V 1A atau di atasnya agar bisa menyala stabil. Jalur powernya seperti  gambar berikut.
Berikut ini hasil dari proses flashing head unit di atas.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>