Mengatasi Mi Flash Anti Rollback Error or Check saat flashing Xiaomi. *Tested di Redmi Note 11 NFC

Seperti biasanya, ketika saya membeli HP Xiaomi saya langsung memodifikasinya yaitu dengan memasang custom ROM. Custom ROM favorit saya adalah Pixel Experience. Saya memilihnya karena kesederhanaan dan tidak ingin custom ROM yang terlalu 'ngejreng'. 

Sebagai persyaratan untuk custom ROM, seminggu sebelumnya (setelah HP saya terima dari kurir) saya melakukan request UBL dari HPnya. Nah, setelah proses UBL tersebut sukses, barulah saya mulai pasang custom recovery. Saya memasang custom Recovery milik Pixel Experience yang telah disediakan di websitenya. Dikarenakan tidak ada tanda-tanda berhasil, saya mulai menjajaki berbagai custom recovery mulai Orangefox hingga TWRP. Pada Orangefox sempat masuk ke recovery, akan tetapi bootloop. Sekedar informasi saja, pada Redmi Note 11 NFC ini menggunakan sistem 2 partisi yaitu A dan B. Sebenarnya mudah untuk mengatasinya, tinggal pindah ke partisi A.

Solusi terakhir yang saya lakukan ketika mengalami bootloop adalah flashing ulang. Karena posisi HP telah UBL, maka untuk flashing ulang  dengan metode fastboot cukuplah mudah. Langkah demi langkah dilakukan, muncullah masalah lain. Proses flashing gagal di awal, dan muncul peringatan "antirollback...". Dalam hati, waduh... masalah lagi. 

Setelah cari-cari solusi diinternet, saya akhirnya menemukan solusinya. Masalah ini juga sering terjadi di Xioami tipe lainnya. Untuk mengatasinya, kita perlu mengedit file firmware-nya sedikit. 
  1. Buka file flash_all.bat dengan Notepad++ atau aplikasi sejenisnya. 

  2. Hapus bagian yang diblok seperti gambar di bawah ini. 
     
  3. Setelah itu, Save. 

File bisa digunakan kembali untuk flashing. Cara ini yang telah saya lakukan, dan terbukti berhasil mengatasi "antirollback".

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>