Solusi TV Samsung LA22D400E1R nyala sebentar lalu mati

Solusi TV Samsung LA22D400 nyala sebentar lalu mati dengan LED indikator mati.

Masalah yang sedang terjadi pada TV Samsung LA22D400E1R ini adalah saat TV dinyalakan, TV menampilkan gambar sebentar lalu mati sedangkan posisi lampu indikator tidak menyala. Itu artinya TV sedang berjalan 'normal' hanya saja backlight yang mati. Saya telah cek jalur ke backlight mulai dari kapasitor, dioda dan kapasitor, semuanya normal.

Kondisi TV yang seperti itu merupakan respon dari IC inverter SEM2005 karena mendeteksi sesuatu yang tidak normal, di sini ada pada jalur backlight. Aktivitas tersebut sering disebut "protection" karena sesuai fungsinya yaitu memproteksi. Fungsi proteksi pada IC tersebut bisa dinonaktifkan dengan cara menjumper kakinya. Berikut ini caranya, 

Seperti gambar di atas, kita memerlukan dioda IN4007, tapi kalau tidak memiliknya, bisa menggunakan LED, seperti yang telah saya lakukan sebelumnya. Setelah dinonaktifkan, TV menyala normal. 

Namun saya tidak puas sehingga saya perlu untuk mengecek kerusakannya kembali. Saya coba pasang copot soket backlight. Akhir-akhir, saya mendeteksi satu bagian inverter sedikit bermasalah, karena ketika backlight di colokkan di situ terdengar suara kresek-kresek dan trafo terasa panas. Akan tetapi, setelah dilakukan uji coba beberapa kali suara itu tidak ada lagi dan trafo tidak panas kembali. 

Tidak mau repot lagi, yang menghentikan proses perbaikannya dan solusi dari masalah itu yaitu menonaktifkan proteksi dari IC inverter dangan menjumper pakai dioda IN4007. Sekian semoga bermanfaat.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>