LCD Smart Hafiz v1 apakah cocok untuk versi 5

Mengganti LCD Smart Hafiz versi 5 dengan versi 1
Smart Hafiz yang merupakan gadget inovatif yang diperuntukkan bagian anak-anak usia dini ini telah tersedia dalam beberapa versi. Hingga saat ini ada hingga versi ke-6. 

Layar dalam gadget ini merupakan hal yang paling penting karena tanpanya tidak berarti apa-apa. Dalam kesempatan ini, saya menemui kondisi Smart Hafiz versi 5 mengalami kerusakan di bagian layar. Dikarenakan Smart Hafiz v5 telah mengusung fitur touchscreen, maka saya perlu mengecek bagian LCD, touchscreen ataukah keduanya yang bermasalah. Setelah dilakukan pengecekan, saya menemukan jawaban bahwa yang rusak hanyalah LCD. 

Seperti biasanya, saya mencari-cari part penggantinya di toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Di sana tersedia LCD versi 1 hingga 6. Saya bingung harus pilih yang mana. Saya tanyakan penjualnya, kalau LCD yang digunakan pada versi 5 sama dengan pendahulu-pendahulunya. Saya menemukan sedikit jawaban setelah cari-cari di youtube juga seperti itu. Setelah semua itu dilakukan, saya mantap kalau LCD Smart Hafiz versi 5 ini sama dengan versi-versi pendahulunya sehingga saya perlu memesannya sesuai budget yang ada.

Sebelum memesan LCD, saya lebih dulu memisahkan touchscreen dengan LCD. Dengan bantuan alat servis HP dan usaha yang cukup sulit, saya berhasil memisahkannya. 

Setelah LCD diterima dari kurir, saya kemudian melanjutkan pekerjaan emnggabungkan LCD dan touchscreen dengan bantuan isolasi double tape sebagai perekatnya. Dengan beberapa penyesuaian letak, akhirnya terpasang dengan cukup tepat. Dilanjutkan memasangnya di motherboard Smart Hafiz 5. 

Jadi dari pengalaman ini, bahwa LCD Smart Hafiz 5 sama dengan versi pendahulunya. Sehingga tidak perlu membeli LCD dan touchscreen. Asalkan kita memiliki keahlian utnuk memisahkan touchscreen dan LCD tersebut.

Anda mungkin menyukai postingan ini

  1. Untuk menyisipkan sebuah kode gunakan <i rel="pre">code_here</i>
  2. Untuk menyisipkan sebuah quote gunakan <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image">url_image_here</i>